Tuesday, June 16, 2015

Review Pomade Patriot Pomade, Extra Hold Green label

om swastiastu,

Salam damai bagi kita semua.




hai... kali ini saya di kejutkan dengan kemunculan seseorang yang telah lama menghilang dari peredaran dunia perminyakan rambut, siapakah gerangan dia ?

Dia adalah mas M. Idham, salah satu brewer lawas di YK city.
M Idham adalah brewer dari pomade Patriot, salah satu brand pelopor home industri pomade di Indonesia khususnya di kota Yogyakarta, dan juga teman sejawat dari Rod Rabbit pomade,
setelah bereuni bersama berbincang santai dan bercanda kesana kemari, beliau memberikan dua buah pomade mahakarya beliau, salah satunya adalah Patriot pomade.
dengan senang hati saya menerima buah tangannya, dan tak ada salahnya juga saya ulas dan publish di blog ini,

kali ini beliau memberikan patriot extra hold  (heavy)

langsung saja saya mulai ulasannya berikut ini :


Patriot Extra Hold

  • First Thing First
Pertama tama , saya heran kenapa juga saat foto memakai baju bertema army look ???
yang notabene tentara berjiwa patriot,..... sebuah ketidak sengajaan dan saya juga baru menyadarinya, hahahhahaha.
Pomade patriot adalah produk yang cukup lama berkecimpung di dunia perminyakan rambut saya ingat lahirnya pomade patriot sejak tahun 2012, jadi bisa dibilang produk ini sudah cukup makan asam garam di brewery pomade,
Untuk varian extrahold,patriot mengusung tema artwork bernuansa semi militer, ini terlihat dari background warna hitam di kombinasi dengan warna hijau tua khas militer, dengan menampilkan sebuah icon Bald Eagle (elang botak khas amerika serikat) tersenyum menyeringai.
disertai font yang layaknya dipakai pada seni menulis Ambigram.
dan juga Pomade ini memakai bahan dasar : Petrolatum, Microwax, Beeswax, Essential oil, & Fragrance.

  • First Impression & Scent
Patriot menyuguhkan warna dasar hijau didalam wadah kaleng almu tint screw dengan berat bersih 3oz , warna yang sama seperti warna artworknya, meski hijaunya lebih muda, tapi masih ada korelasinya.
Saat mencium aromanya, baunya segar, aromanya maskulin, dengan hint manis.
jujur di hidung saya mencium sedikit aroma buah apel, aroma maskulinnya masih kalem tidak tajam menyengat,  jadi kalau boleh saya deskripsikan scent nya Sweet Calm Masculine.

Pencolekan, Tekstur, Perataan di tangan

  • Scooping, Tekstur & Aplikasi
Masuk ke sisi scooping, Pencolekan pomade ini tidak terlalu susah, memang  agak sedikit keras awal awal, setelah itu mudah saja, tidak seperti mitos heavy hold apada umumnya
Tekstur pomade ini saya suka sedikit waxy, tapi ini sticky (pembaca bisa melihat pada foto yang saya lampirkan).
Perataan ditangan agak sedikit mengunakan tenaga untuk mendapatkan perataan yang sempurna, saat pencolekan saya hanya seujung jari kemudian diratakan ditangan dan diaplikasikan kerambut, berulang. ini gunanya untuk menghindari tangan menggumpal dan meminimalisir flaking.
Pengaplikasian dirambut layaknya pomade heavy pada umumnya, sedikit melawan, buat saya ini hal yang wajar karena karakter heavy hold seperti itu.
Penyisiran agak menjambak diawal awal namun perlahan pasti rambut mulai mudah dijinakkan dengan menggunakan sisir renggang pada awal, kemudian diikuti penyisiran dengan sisir gigi rapat.

perataan & penyisiran patriot extra heavy

  • Hold & Shine
Daya cengkram pomade ini sangat memuaskan di rambut saya, murni heavy hold, saya mampu membuat sisiran ala pullback yang bertahan dari jam 9 pagi hingga jam 5 sore, dengan kondisi kegiatan outdoor, meski sesekali disisir ulang karena ditimpa helm, dengan teknik wet combing, daya set nya makin mantap.
Kemilau nya buat saya tegolong sedikit basah tidak kering dan juga tidak terlalu basah. cukupan.

Hold & Shine Patriot pomade


HOLD : 4,5 / 5
SHINE :2,8/ 5
SCENT :3,9 / 5 (opini pribadi)
APPLY : 2,9/ 5


  • Degrease
Untuk mengusir residu pomade dari rambut, saya hanya mencoba keramas dengan shampoo 1x , hasilnya rambut masih sangat berat, build up pomade masih tersisa banyak sekitar 85% , cocok jika pembaca menyukai build up , dengan build up saja masih kokoh berdiri dirambut saya. dan seperti biasanya, menu wajib mengusir pomade ini adalah cairan degreaser.

  • Conclusion  
Sebelum saya mempublish tulisan ulasan review ini, saya sudah melakukan testing selama 3x (3hari).
Dari segi artwork buat saya ini adalah artwork paling bagus dari semua evolusi design yg dilakukan Patriot.
Saya suka teksturnya, lengket / sticky begitu pula saat diaplikasikan juga mudah.
Hold yang di suguhkan mampu menjinakkan rambut saya yang lurus dan sangat tebal, ini terbukti mampu menahan gaya rambut pullback saya.
memberikan residu build up yang juga mumpuni.

Akhir kata, semua kembali kerambut masing - masing, karena beda rambut juga berbeda hasil.
demikian ulasan review dari saya,

salam damai bagi kita semua , Cheers !




No comments:

Post a Comment